Begini Cara Pemuda NU Mataram Gelar Perayaan Pergantian Tahun

Kamis, 29 Desember 2016

ISLAMNUSANTARA.COM, Mataram – Keluarga Besar Nahdlatul Ulama Kota Mataram, NTB menggelar Peringatan Haul ke-7 Gus Dur selama 24 jam suntuk. Kegiatan bertema 24 Jam Bersama NU dan Gus Dur ini akan dipusatkan di Taman Budaya Provinsi NTB pada 31 Desember 2016-1 Januari 2017.

Ketua Panitia kegiatan Hasan Basri mengatakan  “Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang rutin diperingati oleh Keluarga Besar NU Mataram,”.

Menurutnya, momentum ini sangat tepat, yaitu pergantian tahun baru, maka dari pada berhura-hura dan mengahbiskan waktu dengan hal-hal buruk, lebih baik diisi dengan serangkaian kegiatan positif bersama NU dan Gus Dur.

Masih kata Hasan, dalam haul Gus Dur tahun ini, pihaknya selaku anak muda NU  telah menyiapkan serangkaian kegiatan positif untuk mengisi detik-detik pergantian tahun.

“Seperti sholat subuh berjamaah, pelatihan santri digital, Momeriam of Gus Dur bersama tokoh lintas iman, istighotsah, refleksi akhir tahun, dan puncaknya akan dilaksanakan pagelaran musik, pembacaan puisi, teatrikal dan lain-lain bertajuk Lailatul Art,” jelas Ketua GP Ansor Kota Mataram ini.

Di tempat terpisah, Ketua Lakpesdam NU Mataram Muhammad Jayadi yang juga Sekertaris Panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah upaya anak-anak muda NU Mataram untuk mengingatkan publik akan jasa dan pengorbanan Gus Dur bagi bangsa ini.

“Beliau adalah sosok yang semangat dan pikirannya harus terus ditransformasi kepada masyarakat luas, dengan harapan masyarakat bisa meneladani dan mengaplikasikan gagasan Gus Dur tentang kemanusiaan, solidaritas, pembelaan terhadap minoritas serta pentingnya menjaga keutuhan NKRI,” katanya.

Dalam kegiatan tahun ini, pihak panitia mengundang kelompok warga dari semua latar belakang, aktivis, budayawan, praktisi, profesional, pelajar, mahasiswa, pesantren, tuan guru, petani, pedagang, agamawan, dan lain-lain.

“Mereka semua kita undang, bersama-sama mengenang almarhum Gus Dur dan tentunya sama-sama merayakan malam pergantian tahun dengan hal-hal yang positif,” kata Mantan Ketua PC PMII Kota Mataram ini.

Selain  itu, juga akan ada kegiatan istighotsahan dan doa bersama untuk keselamatan bangsa dari semua tokoh agama dan semua umat. Dengan harapan bangsa ini tetap damai dan maju. (ISNU)

Sumber: NU Online

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: