Dakwa Melalui Budaya Lebih Awet dari Pada Melalui Cara Kekerasan

Minggu, 05 Maret 2017

ISLAMNUSANTARA.COM, Cirebon – Sekertaris Jenderal (Sekjen) PBNU Helmy Faishal Zaini, mengatakan bahwa sejarah telah membuktikan bahwa dakwah melalui budaya dan menjaganya lebih berjangka panjang, ketimbang melalui cara-cara kekerasan dan perang, ia mencontohkannya seperti apa yang dilakukan Syekh Sunan Gunung Jati Cirebon.

Diakuinya, berbeda yang ada di Negara Spanyol dimana situs-situs sejarah hanya tinggal namanya saja. ‘’Di Spanyol sana masjid-masjid tinggal puing-puingnya saja, tapi di Indonesia semua terjaga dengan baik, Candi, Borobudur, Prambanan dan lainnya tetap ada, makanya warisan tradisi dan budaya harus dijaga dan terus kita lestarikan, karena dari situlah Sunan Gunung Jati sukses menyebarkan Islam di nusantara’’ ujarnya saat berziarah ke tempat persinggahan terakhir Sunan Gunung Jati Cirebon belum lama ini.

Ditambahkan, peninggalan penting lagi adalah Syekh Sunan Gunung Jati adalah mengajarkan dakwah melalui banyak cara yang memungkinkan untuk cepat tersebarnya Islam kala itu, diantaranya melalui pernikahan dengan putri Lie Ong Tien, Ilmu Hikmah.

‘’Uniknya dakwah beliau juga selain melalui budaya yang berkembang saat itu juga melalui kesultanan, berbeda dengan wali yang lain yang cenderung satu model saja,’’ terangnya. (ISNU)

Sumber: Perisainusantara

 

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: