GP Ansor Pringsewu Bentuk Tim Siber Ansor untuk Memerangi Hoax

Rabu, 25 Januari 2016

ISLAMNUSANTARA.COM, Jakarta – Maraknya penyebaran informasi yang bertujuan untuk menjatuhkan atau mendiskreditkan orang atau kelompok tertentu membuat GP Ansor Pringsewu merasa resah. Guna merespon hal ini GP Ansor Pringsewu membentuk Tim Ansor Cyber Army (ACA) Kabupaten Pringsewu.

Henudin, Tim Ansor Cyber Kabupaten Pringsewu  mengatakan “Sesuai instruksi dari Pimpinan Pusat, saat ini kami sedang dalam tahap perekrutan anggota. Kami sedang menginventarisir data anggota Ansor yang sering beraktivitas di media sosial dan ngerti IT. Targetnya akhir Januari ini, Tim ACA Pringsewu sudah fix. Kami menargetkan minimal ada 15 anggota Ansor Cyber dan sekarang sudah 7 anggota,”.

Menurutnya, tahapan berikutnya setelah perekrutan anggota adalah penyusunan program kerja sambil menunggu instruksi selanjutnya dari PP dan PW GP Ansor.

“Untuk program kerja awal, kami sedang fokus pada lokal hoax. Artinya saat ini kami sedang fokus pada penanganan konten hoax yang bersifat lokal, yaitu di Kabupaten Pringsewu itu sendiri,” kata Henudin.

Karena kebetulan Kabupaten Pringsewu saat ini sedang dalam persiapan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada). Biasanya momen seperti ini banyak digunakan sebagai bahan penyebaran hoax seperti yang terjadi di DKI Jakarta dan daerah-daerah lainnya.

Terkait teknis dan strategi penanganan, ia menambahkan bahwa ada tiga strategi yang sudah disiapkan timnya, yaitu klarifikasi informasi, evaluasi, dan pelaporan. Untuk berita yang dipantau oleh tim tersebut saat ini adalah yang melalui media sosial facebook, twitter, dan blog. (ISNU)

Sumber: NU Online

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: