HARDIKNAS dan Kisah Sejarah KI Hajar Dewantara yang Terlupakan

Selasa, 03 Mei 2016,

KENDAL-JAWA TENGAH, ISLAMNUSANTARA.COM – Dalam berbagai literatur yang marak dibaca, kita akan menjumpai tokoh pendidikan Nasional, yang hari kelahirannya diperingati sebagai Hardiknas, dikenal dengan nama Ki Hajar Dewantara. Peran beliau dalam memajukan pendidikan Indonesia sudah tidak mampu dinilai lagi dengan kalimat apapun.

Ya tanggal 2 Mei selalu saja diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Mengenang kebesaran salah satu putra terbaik bangsa ini, yang juga pernah diamanahi sebagai Menteri Pendidikan Indonesia pertama kali.

Sayangnya, hampir semua info yang kita terima, seakan menyebutkan bahwa beliau adalah seorang Nasionalis Sekuler yang agak sedikit Kejawen. Sehingga nama beliau tidak banyak dikenal di dunia santri. Padahal, sebenarnya Ki Hajar Dewantara, yang tatkala masih muda memiliki nama RM Suwardi Suryaningrat adalah santri dari seorang ulama bernama Kyai Sulaiman Zainudin Prambanan.

Di bawah asuhan Sang Kyai inilah Ki Hajar muda mengenal firman-firman Gusti Allah, merasuk dalam jiwa dan hatinya sehingga menjadi tenaga penggerak dalam mencerdaskan kehidupan bangsa ini. Melalui jalan santri inilah, nasionalisme beliau dikobarkan. Bergerak melawan penjajah yang senantiasa menyengsarakan rakyat, membiarkan kebodohan merajalela.

Satu hal yang tidak boleh terlupa untuk generasi muda semua : Tokoh Nasional yang sangat terkenal dengan ajaran pendidikannya, “Ing ngarso sung tulodho… Ing madyo mangun karso… Tut wuri handayani” ini terlahir dari tangan dingin seorang Kyai. (ISNU)

Sumber: Akun Facebook Shuniyya Ruhama

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: