Hari Kesetiaan Pancasila, Puluhan ribu Banser Gelar Apel Akbar

Kamis, 02 Juni 2016,

JAWA TENGAH, ISLAMNUSANTARA.COM – Tanggal 01 Juni sebagai Hari Kesetiaan Pancasila, semua warga Negara memperingatinya, tak luput pula puluhan ribu personel pasukan Barisan Ansor Serba Guna (Banser) melakukan Apel Kesetiaan Pancasila, Rabu (1/6), serentak di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Ketua PW Ansor Jawa Tengah, Ikhwanuddin, mengatakan acara apel digelar dan diselenggarakan oleh masing-masing pimpinan cabang GP Ansor. Baik diselenggarakan mandiri oleh Ansor-Banser atau diselenggarakan bersama pemerintah daerah setempat. Dalam apel juga didukung oleh kekuatan TNI dan Polri di masing-masing daerah.

”Satu hari sebelum pelaksanaan cabang-cabang Ansor se-Jateng sudah menyetorkan nama-nama personel yang akan mengikuti apel kesetiaan Pancasila dan jumlah persisnya adalah 16.646 orang. Kegiatan ini merupakan instruksi dari Ketum Pimpinan Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qomas, dan kegiatan serupa juga dilakukan di seluruh Indonesia,’ ‘katanya.

Dalam acara apel tersebut, menurutnya, juga dilakukan penandatanganan Ikrar Kesetiaan Pancasila oleh semua elemen pemuda.

Ketum Pimpinan Pusat GP Ansor, Yaqut Cholil Qomas mengatakan, bagi GP Ansor hari bersejarah ini harus dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat komitmen terhadap Pancasila.

Penegasan Pancasila ini, katanya, merupakan langkah strategis, karena dengan sendirinya merupakan penegasan pada UUD 1945 dan komitmen untuk menjaga keutuhan NKRI baik secara geografis, secara politik, secara ekonomi dan secara budaya. Penegasan Pancasila juga merupakan penegasan untuk menjaga semangat Bhinneka Tungal Ika sebagai pilar bangsa ini.

“Saat ini banyak bermunculan kelompok dan gerakan anti-Pancasila, baik ekstrem kanan ataupun ekstrem kiri. Organisasi HTI yang merupakan ektrim kanan bahkan secara terang-terangan akan mengganti NKRI dengan sistem Khilafah. Bagi Ansor, ini merupakan ancaman serius terhadap eksistensi NKRI yang berdasarkan Pancasila,” tegasnya. (ISNU/NU Online)

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: