Inilah Tips Agar Ceramah Menarik Menurut Gus Dur

Jum’at, 02 Juni 2017

ISLAMNUSANTARA.COM, Jakarta – Salah satu Mantan Presiden RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) memiliki kemampuan di dalam dunia tulis-menulis yang tidak perlu diragukan lagi. Begitupun kepiawaiannya di dalam berceramah atau berpidato. Ceramah yang disampaikan Gus Dur selalu menarik siapapun pendengarnya.

Guyonan yang diselipkan di dalam materi adalah salah satu hal yang membuat orang asyik mendengarkan Gus Dur bicara. Tetapi ternyata, ada resep yang digunakan Gus Dur agar orang terus mendengarkan setiap kata yang keluar dari mulutnya.

Terkait hal itu, Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) KH Maman Imanul Haq suatu saat pernah bertanya kepada Gus Dur agar ceramah yang disampaikan itu menarik.

“Kenapa tema-tema ceramah Gus Dur menarik?” cerita Kang Maman saat mengisi acara Pelatihan Dai-Daiyah Kader NU 2017 pada hari terakhir yang diselenggarakan atas kerja sama LD PBNU dan Himpunan Daiyah Muslimat (Hidmat) NU di Lantai 8 Gedung PBNU, Kamis (1/6).

“Kalau ceramah di depan para politisi, temanya tentang tasawuf. Kalau ceramahnya di depan ekonom, temanya tentang agama,” kata Kang Maman menirukan Gus Dur.

Dari situ, imbuh Kang Maman, ceramah akan menarik jika para penceramah mengetahui karakteristik para pendengarnya. Selain itu, penceramah juga harus menguasai teknik-teknik dan metode penyampaian di dalam menyampaikan ceramah. (ISNU)

Sumber: NU Online

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: