INNALILLAH! KH Afandi Kyai Sepuh Jawa Barat Wafat

Rabu, 13 Juli 2016,

JAWA BARAT, ISLAMNUSANTARA.COM – Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, telah wafat KH Afandi Abdul Muin Syafi’i (78) yang akrab disapa Abah Afandi. Ia meninggal dunia, Rabu (13/7) sekitar pukul 07.30 WIB. Abah Afandi merupakan salah satu kiai sepuh NU Jawa Barat.

Pengasuh Pondok Pesantren Asy-Syafi’iyyah Kedungwungu, Krangkeng, Indramayu ini adalah santri di Pondok Pesantren Tebuireng era Hadlratussyekh KH Hasyim Asy’ari dan pesantren Tambakberas era KH Wahab Chasbullah.

Selain mendedikasikan diri pada NU, penulis Kitab Risalah Al-Muin fi Aqoid Al-Khomsin ini juga dikenal sebagai kiai yang memeberikan ijazah kitab dzikir pusaka kiai NU, yaitu kitab Dalail Khoirot. Pada pertengahan Ramadhan lalu, Abah Afandi sempat dikunjungi oleh Kapolri Badrodin Haiti dan Menkopolhukam Luhut Panjaitan.

Semasa hidup, Abah Afandi juga termasuk kiai yang akrab dengan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Sejak muda, aktif berdakwah di berbagai daerah dan lingkungan yang belum tersentuh oleh para da’i.

Jenazah Abah Afandi akan dikebumikan di komplek Pesantren Asy-Syafi’iyyah Kedungwungu, pukul 14.00 WIB. Beliau meninggalkan seorang istri, 7 putra, 1 putri, dan 14 cucu. (ISNU)

Sumber: Nu.or.id

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: