Isi Liburan, IPNU dan IPPNU Madiun Gelar Pelatihan Jurnalistik

Sabtu, 31 Desember 2016

ISLAMNUSANTARA.COM, Madiun – “Citizen Journalism di Era Digital Sebagai Media Dakwah Pelajar Berazaskan Ahlus Sunnah Wal Jamaah”. Kalimat tersebut merupakan tema yang diusung oleh Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Madiun dalam acara Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik yang digelar untuk mengisi liburan sekolah.

Menurut Hendrik Sulaksono Ketua IPNU, pelatihan ini menjadi bagian dari dakwah di era digital dewasa ini. Pemahaman media sosial dan jurnalistik, katanya, akan jadi filter bagi para pelajar NU dalam mengonsumsi sajian yang disuguhkan.

“Banyak hal yang dibawa oleh Medsos, baik yang positif maupun negatif, bahkan suguhan-suguhan palsu,” kata Hensu, sapaan akrab Hendrik Sulaksono.

Mantan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Geger tersebut mengatakan pihaknya juga menekankan pelajar NU tidak bisa menghindar dari perdaban digital yang sedang berlangsung saat ini, sehingga perlu sikap arif dalam menghadapinya.

Sementara itu, Sekertaris PCNU Kabupaten Madiun KH Mabrur mengatakan, sudah jamak dimengerti bahwa pengaruh tulisan sangat efektif mempengaruhi tautan memori masyarakat. Dan orang bisa berubah pola pikir dan perilakunya akibat membaca tulisan, apalagi era medsos yang semakin menggurita dengan serba-serbinya.

Ia mendorong kepada para pelajar agar segera cancut taliwondo ke dunia kepenulisan, dan tetap percaya diri. “Jadilah diri sendiri dengan tulisan kalian sendiri, bukan seperti orang lain yang hanya tiruan belaka, karena kalau kalian ikut-ikutan saja berarti kalian sedang bermimpi, maka bangunlah dan mulailah dari sekarang,” pungkas kiai asal Dagangan ini.

Dalam kegiatan tersebut turut menghadirkan Pimpinan Redaksi Radar Madiun, Hadi Winarso. Ia mengatakan, NU merupakan pasar potensial buat meraih kekuatan finansial organisasi. Sudah saatnya generasi muda NU memaksimalkan peluang ekonomi di bidang media sosial cetak maupun online dalam mendorong kemandirian organisasi.

Kegiatan yang berlangsung di Aula NU Center Kabupaten Madiun Munggut Kecamatan Wungu, Kamis (29/12) ini dihadiri Ketua Fatayat NU Madiun Nurul Hidayati dan sebanyak 30 pelajar dari seluruh PAC IPNU-IPPNU se-Kabupaten Madiun (ISNU)

Sumber: NU Online

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: