Jika Ada ASN yang Berpaham Anti Pancasila, Itjen Kemenag Akan Tindak Tegas

Jum’at, 05 Mei 2017

ISLAMNUSANTARA.COM, Jakarta – Sekretaris Inspektorat Jenderal  (Itjen) kemenag, Hilmi Muhammadiyah menegaskan bahwa pihaknya akan menindak tegas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terbukti memiliki paham anti Pancasila dan anti NKRI.

Meski demikian, Hilmi mengaku kalau saat ini belum menerima laporan terkait hal itu. “Kami memastikan bahwa akan memberikan sanksi tegas jika hal itu ditemukan,” katanya usai ratas pimpinan Itjen di Jakarta, Kamis (04/05).

Menurut Hilmi, komitmen terhadap nilai-nilai Pancasila pada hakikatnya sudah termaktub dalam PP 53 tentang disiplin pegawai. Selain itu, komitmen yang sama juga tercantum dalam kode etik pegawai dan Panca Prasetya Korpri.

“Pancasila itu sudah final, tidak bisa ditawar-tawar lagi,” tandasnya.

Kementerian Agama termasuk salah satu kementerian terbesar. Kementerian yang bertugas membina kehidupan keagamaan dan kerukunan antar umat ini memiliki lebih dari 4000 satker dengan 232.883 ASN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebagai langkah antisipasi, Itjen ke depan akan melakukan penguatan internalisasi nilai Pancasila dalam program Pengawasan dengan Pendekatan Agama (PPA).

“Program PPA yang akan segera berjalan di tahun ini akan menyisipkan pengajaran dan pengamalan nilai-nilai ideologi Pancasila kepada ASN Kemenag di daerah yang menjadi sasar program,” ujarnya.

Hilmi berharap Program PPA yang diperkuat penguatan implementasi nilai Pancasila ini akan efektif dalam meneguhkan sikap kebangsaan dan nasionalisme ASN Kemenag.

Hilmi mengatakan bahwa Itjen akan segera membahas rencana ini dalam focus group discussion (FGD) pada 5 Mei besok. Hasil FGD akan dimatangkan dalam “Workshop Pengawasan” yang akan diikuti seluruh auditor dan perwakilan dari satker daerah pada 22 – 24 Mei 2017.

“Saya pikir program peneguhan nilai-nilai Pancasila ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi tumbuhnya faham anti Pancasila pada ASN Kemenag,” ujarnya. (ISNU)

Sumber: Kemenag

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: