Kerukunan Umat Beragama di Sumut Mendapat Apresiasi dari Komisi VIII DPR RI

Jum’at, 07 April 2017

ISLAMNUSANTARA.COM, Medan – Kerukunan umat beragama di Sumatera Utara mendapat apresiasi dari Komisi VIII DPR RI. Ketua Tim Rombongan Kunjungan Kerja Komisi VIII Noor Ahmad mengatakan Sumatera Utara termasuk provinsi yang sangat majemuk namun tingkat kerukunan umat beragamanya sangat baik.

Hal ini dikatakan Noor Ahmad saat berkunjung ke Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara, Medan, Kamis (06/04). Menurutnya, kualitas kerukunan yang terjaga ini tidak terlepas dari peran para tokoh agama dan masyarakat, serta semua pihak di Sumatera Utara.

Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR ini kali mengagendakan pengawasan penyelenggaraan pendidikan. Meninjau Sumatera Utara, Komisi VIII ingin mengetahui langsung sejauh mana peran pendidikan agama dalam mempersatukan umat beragama.

Di hadapan para tokoh agama dan jajaran Kanwil Kemenag Sumut, Noor Ahmad mengatakan bahwa kedatangannya bersama anggota DPR lainnya dalam rangka mengetahui lebih dalam tentang peran lembaga keagamaan dalam menjaga kerukunan umat beragama. “Jadi meskipun Indonesia berkali-kali diuji melalui adu domba konflik umat beragama, namun sampai saat ini tidak berhasil,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Sumatera Utara Tohar Bayoangin dalam laporannya menyampaikan bahwa penduduk Provinsi Sumatera berjumlah 13.303.560 jiwa yang tersebar di 33 Kabupaten/Kota, dan 389 Kecamatan. Sebanyak 66,89% penduduk beragama Islam, sementara yang beragama Kristen 27,75%, Katolik 3,975%, Hindu 0,11%, Buddha 3,035%, dan yang beragama Khonghucu 0,8%.

Acara ini dihadiri juga oleh Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Mohsen, Direktur Urusan Agama Hindu I Wayan Buddha, Tokoh Agama, Pimpinan Organisasi Keagamaan, Kepala Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Ketua Forum Komunikasi Guru Pendidikan Agama, Ketua Badan Komunikasi Pondok Pesantren, Ketua Forum Agama Hindu, Pimpinan Majelis Agama se-Sumatera Utara. (ISNU)

Sumber: Kemenag

 

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: