Ketum PBNU: Generasi Muda Harus Lebih Kuat Untuk Jaga NKRI

Jum’at, 25 November 2016

ISLAMNUSANTARA.COM, Jakarta – KH Said Aqil Siroj menghimbau agar generasi muda harus lebih kuat dan lebih maju. Kesiapan segala hal anak muda sangat dibutuhkan untuk membangun bangsa Indonesia ke depan.

Demikian disampaikan Ketua Umum PBNU dalam acara “Tahlil Akbar untuk Pendiri Bangsa dan Pahlawan Indonesia” di halaman Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (24/10) malam.

“Generasi mendatang harus lebih kuat, lebih kuat daripada saya. Karena itu kita harus menyiapkan generasi mendatang yang lebih kuat. Kuat agamanya, kuat akhlaknya, kuat ilmunya, dan kuat ekonominya,” terang Kang Said.

Dalam acara yang digagas Lembaga Dakwah PBNU ini, Kang Said juga menyebut bahwa NU turut andil mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Ulama-ulama dan kiai NU masuk sebagai panitia inti berdirinya NKRI,” kata Kang Said.

Keteladanan yang baik dalam membela negara dicontohkan sejak lama oleh kiai dan ulama NU, termasuk oleh santri.

Di depan Laksda TNI Didit Herdiawan yang hadir mewakili Panglima TNI, Kang Said menyebut jasa besar Gus Dur dalam merekatkan persatuan bangsa Indonesia. Walaupun masa jabatan sebagai presiden hanya 23 bulan dan banyak diprotes orang, Gus Dur melakukan hal penting di tengah kondisi darurat.

“Jasa Gus Dur sangat besar kepada Indonesia. Karena itu PBNU akan memperjuangkan Gus Dur sebagai Pahlawan Nasional,” kata Kang Said.

Ketua Panitia Tahlil Akbar KH Marsudi Syuhud menyampaikan, acara ini diadakan untuk mengingat dan meneladani jasa para pahlwan dan pendiri bangsa.

“Amal saleh para pahlawan yang telah berjuang demi bangsa tidak sebatas pada memperjuangkan kemerdekaan. Namun juga dalam iklim kemerdekaan berjuang menjaga NKRI salah satunya dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara,” kata salah seorang Ketua PBNU ini.

Marsudi mengajak hadirin terutama generasi muda untuk melestarikan semangat juang dan keteladanan, di mana para pemuda saat ini berada pada era modern dan globalisasi. (ISNU)

Sumber: NU Online

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: