Ketum PBNU KH Aqil Siradj : Islam Nusantara Bukan Mazhab

Islamnusantara.com, JAKARTA – Santer beredar wacana Islam Nusantara sebagai alternatif wajah Islam masa kini. Wajah Islam Nusantara digambarkan sebagai Islam yang melebur dengan kebudayaan lokal, ramah, dan toleran.

KH Aqil Siradj

Ketum PBNU, KH Aqil Siradj

Islam Nusantara menolak keras wajah Islam yang digambarkan dengan teror, bengis dan peperangan yang tak kunjung usai, seperti yang terjadi di Timur Tengah.

Apakah Islam Nusantara sebuah mazhab baru dalam Islam?

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Said Aqil Siradj, mengatakan Islam Nusantara merupakan tipologi dari mazhab Ahlussunnah Wal Jamaah.

“Bukan mazhab baru, Islam Nusantara Lebih kepada tipologinya,” Kata Said Agil, kepada awak media, di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Jumat (24/7).

Islam Nusantara, diakuinya sebagai kontra dari Islam mainstream Timur Tengah yang lebih kaku dan saklek.

“Islam Nusantara akan dipertahankan, Islam Nusantara lebih melebur dengan budaya, santun, tidak seperti yang di timur tengah,” katanya.

Oleh sebab itu, Islam Nusantara akan konsen kepada Islam keindonesian menuju peradaban dunia. “Islam dan Indonesia dua hal yang tidak terpisahkan, cinta tanah air adalah bagian dari ajaran Islam,” tuntasnya. (ISNU/MerahPutihIndonesia)

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: