Keutamaan Membaca Shalawat Nabi SAW

nabi-muhammad-saw-640x420Sabtu 23 Januari 2016

ISLAMNUSANTARA.COM – Imam Nawawi dalam bukunya Syarah dan Terjemah Riyadhus Shalihin jilid 2 mengungkapkan keutamaan membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW.

Imam Nawawi mengutip firman Allah SWT dalam Alquran surat Al Ahzab ayat 56 yang artinya, ”Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikatNya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Imam Nawawi kemudian mengutip hadis Nabi Muhammad SAW dari Abdullah ibnu Amr ibnu Al-Ash ra berkata, ”Sesungguhnya ia mendengar Rasulullah SAW bersabda, ”Barangsiapa membaca shalawat kepadaku sekali, maka Allah akan memberinya shalawat (rahmat) sepuluh kali dengan satu shalawatnya itu.’‘ Hadis riwayat Muslim.

Dalam hadis lainnya, yang diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud ra berkata, Rasulullah SAW bersabda, ”Orang yang paling dekat denganku di hari kiamat nanti adalah dia yang paling banyak bershalawat kepadaku.” Hadis riwayat Tarmidzi.

Menurut Imam Nawawi, kedua hadis tersebut menunjukkan anjuran untuk memperbanyak shalawat atas Rasulullah SAW dan tingginya derajat orang yang memperbanyak shalawat di hari kiamat kelak.

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: