Kiai Said Ajak WNI di Mesir Ziarah dan Tahlilan di Makam Sayyidina Husain dan Sahabat Nabi

Sabtu, 04 Maret 2017

ISLAMNUSANTARA.COM, Kairo – Selama lawatannya ke Mesir dalam kegiatan Konferensi Internasional, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj tidak ingin melewatkan tradisi ziarah ke makam tokoh-tokoh penting di Mesir. Dengan mengajak Warga Negara Indonesia (WNI), dia menziarahi makam para sahabat, tabiin, tabiit-tabiin dan ulama. Di antaranya ziarah ke makam Sayyidina Husain bin Ali bin Abu Thalib di kawasan Old Kairo.

“Ayo kita tahlil,” ajak Kiai Said kepada WNI di Mesir setiba di makam Sayyidina Husain, cucu Rasulullah SAW, Kamis (2/3) waktu setempat.

Tahlil dengan bacaan khas Indonesia itu pun berkumandang. Kiai Said didapuk menjadi imam tahlil. Suasana benar-benar khusyuk hingga tahlil usai. Kiai Said pun sedikit memberikan nasihat kepada para mahasiswa NU dan WNI yang mengikuti ziarah.

“Kalian harus membiasakan ziarah ke makam, langsung mendatangi makamnya, meski didoakan dari rumah juga sampai ke ahli kubur. Karena kita ini NU,” tutur Kiai Said.

Setelah tahlil di makam Sayyidina Husain bin Ali bin Abi Thalib, Kiai asal Kempek Cirebon ini mengajak ziarah ke makam Penulis Kitab Al-Hikam, Ibnu Athaillah as-Sakandari. Sufi besar ini turut memberikan pengaruh kepada Kiai Said di samping Syekh as-Syadzili.

“Masih ada waktu, kita ke makam Syekh Ibnu Athaillah,” ajak Pengasuh Pondok Pesantren Al-Tsaqafah Ciganjur, Jakarta Selatan ini.

Selesai tahlil di makam Syekh Ibnu Athaillah, Kiai Said Aqil kembali mengingatkan pentingnya ziarah kubur. Di samping itu juga mengenang kehidupan Syekh Ibnu Athaillah.

“Ilmu yang tinggi, luas wawasan itu tidak ada artinya saat seseorang tidak mampu menghadirkan kekhusyukan di dalam hatinya,” ujar Guru Besar Ilmu Tasawuf ini.

Karena itu, imbuh Kiai Said, sejak dini hati manusia harus dilatih agar selalu berdzikir kepada Allah. “Jadikan hati kita khusyuk karena di situ tempat bersemayamnya nur dan hidayah Allah,” kata Kiai Said. (ISNU)

Sumber: NU Online

 

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: