Kitab Kuning Membentuk Karakter Islam Nusantara yang Rahmah

Islamnusantara.com, SLEMAN – Pesantren merupakan warisan dan juga kekayaan budaya-intelektual Nusantara. Untuk itu keberadaan pesantren berabad-abad di bumi nusantara menjadi benteng pertahanan kebudayaan itu sendiri. Demikian menurut KH Jazilus Sakhok Ph.D yang akrab disapa Gus Sakhok dalam diskusi bersama tamu dari APTEP (Asia Pasific Theologi Encounter Programe) di STAI Sunan Pandanaran, Yogyakarta, Jumat (8/05), pagi.

kitab-nahwu“Pesantren merupakan institusi pendidikan tertua di Indonesia yang bertujuan untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam dengan menekankan pentingnya moral dan nilai Islam sebagai pedoman hidup bermasyarakat sehari-hari” terang Gus Sakhok.

Ia menjelaskan, pesantren merupakan hasil pergulatan dan dialektika kebudayaan yang kreatif, antara tradisi, masyarakat, dan pola interaksi kiai-santri-kitab kuning. Karenanya keunikan pesantren juga terlihat pada sifat akulturatif yang menghargai kultur dan tradisi lokal secara halus dan kreatif, sehingga terhindar dari konflik.

“Salah satu unsur dari pesantren yang berperan penting dalam membentuk karakter Islam yang jauh dari karakteristik ekstrem dan radikal adalah kitab kuning. Kitab kuning adalah tradisi klasik warisan Wali Songo dan para ulama Nusantara. Kitab kuning itu mencermikan kelembutan Islam, sebab terdapat akulturasi budaya di dalamnya,” imbuhnya.

Gus Sakhok mengatakan, kitab kuning difungsikan oleh kalangan pesantren sebagai rujukan dan paduan nilai-nilai universal dalam menyikapi perubahan zaman. Aspek dinamis yang diperlihatkan kitab kuning adalah adanya transfer pembentukan tradisi keilmuan tauhid-fiqih-sufisme yang didukung penguasaan ilmu-ilmu instrumental, seperti nahwu dan sharaf (adab).

“Karenanya, tanpa kitab kuning dalam pengertian yang lebih luas, tradisi intelektual di Indonesia agaknya sulit untuk keluar dari kecenderungan ekstremitas pemahaman keagamaan,” pungkasnya. (ISNA/Nu Online)

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: