“Komplek Meeting”, Tradisi Ponpes Al-Munawwir Sambut Tahun Baru Islam

Rabu, 05 Oktober 2016

ISLAMNUSANTARA.COM, Yogyakarta– Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta menyelenggarakan perlombaan antar kompleks dalam lingkungan pesantren, dalam rangka memperingati tahun baru hijriah 1438.

Kegiatan yang akrab disebut Komplek Meeting tersebut sudah menjadi tradisi bagi Pondok Pesantren Al-Munawwir yang dilaksanakan setiap tahunnya. Pada tahun ini, Komplek Meeting mengusung tema “Semangat Santri Membangun Negeri dengan Prestasi”.

Peserta perlombaan adalah perwakilan dari 20 kompleks yang ada di Pondok Pesantren Al-Munawwir dan empat kompleks yang ada di Pondok Pesantren Ali Maksum.

Bidang lomba yang dilombakan adalah MHQ (Musabaqoh Hifdzil Qur’an) atau lomba menghafal Al-Qur’an, MQK (Musabaqoh Qira’atul Kutub) atau lomba membaca kitab kuning, MSQ (Musabaqoh Syarhil Qur’an) atau lomba menjelaskan Al-Qur’an, Dramatikal Fiqh, Kreasi Syi’iran, Cerdas Cermat Pesantren, masak, kaligrafi, sepakbola, tarik tambang, voli, Bulutangkis, dan kreasi busana dari bahan bekas.

Komplek Meeting bertujuan untuk menanamkan semangat kepada para santri untuk terus berprestasi. Selain itu, acara tersebut sebagai wadah silaturahim bagi santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Al-Munawwir dan Ali Maksum yang berjumlah 1788.

Serangkaian acara dilaksanakan selama bulan Muharrom dan dibuka pada tanggal 1 Oktober oleh Romo KH. Raden Hafidz Abdul Qadir Munawwir.

“Adanya kegiatan ini adalah sebagai wadah untuk berkumpul dan silaturahim juga sebagai pengingat bahwa kita adalah saudara di Krapyak ini,” ujar Nyai Ida Fatimah Zainal dalam sambutannya di acara pembukaan Muharraman.

Ketua Pondok Pesantren Al-Munawwir pusat Ustad. As’ad Syamsul Arifin mengatakan, hijriah adalah identitas seorang muslim. Hijriah adalah sebuah momentum yang sangat luar biasa sekali dan tidak akan terlupakan dalam sejarah.

“Oleh karena itu, mari kita manfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya untuk saling bertegur sapa, mengenal satu sama lain dan saling berkompetensi dengan sehat” ucapnya.

Yusuf Haryono selaku ketua panitia Muharroman berharap agar acara Muharroman dan komplek meeting ini bisa berjalan dengan baik tanpa ada halangan apapun, bisa menjadikan Muharroman tahun ini lebih berwarna, lebih ceria dan istimewa sepertiDaerah IstimewaYogyakarta ini. (ISNU)

Sumber: NU Online

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: