Larangan Pesta Kembang Api dan Zikir Pada Malam Tahun Baru di Banda Aceh

larangan-pesta-kembang-api-dan-zikir-tahun-baru-banda-aceh-640x420

Foto: detikom

Kamis, 31 Desember 2015

BANDA ACEH, ISLAMNUSANTARA.COM – Pemerintah Kota Banda Aceh melarang warganya merayakan malam pergantian tahun 2016. Tak hanya pesta kembang api yang ‘diharamkan’, bahkan zikir massal pun tidak dibolehkan.

Larangan itu tertuang dalam seruan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forukopimda) serta Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Banda Aceh. Seruan bersama tersebut ikut distempel dan ditanda tangani Walikota, Dandim 0101/BS, Kapolresta, Kejari, Ketua PN, Ketua MPU, dan Ketua Mahkamah Syariah Kota Banda Aceh.

Dalam seruan bersama yang ditempel di tempat-tempat umum itu, terdapat beberapa poin yang intinya melarang warga merayakan tahun baru dalam bentuk apapun.

“Baik yang berbungkus dengan nuansa agama seperti zikir maupun yasinan, tausyiah dan lain-lain, atau yang bersifat hura-hura seperti pesta kembang api, terompet, permainan-permainan yang tidak bermanfaat dan bertentangan dengan norma-norma agama Islam, adat istiadat, kebiasaan dan etika masyarakat Aceh, serta balap-balapan yang bersifat membahayakan bagi orang lain dan diri sendiri,” bunyi salah satu poin dalam seruan tersebut.

Pada poin selanjutnya, Pemko Banda Aceh mengajak warga untuk memperkokoh kesatuan, dan persatuan, menguatkan perdamaian, memelihara keamanan juga ketertiban dalam kehidupan masyarakat.

“Mari kita meningkatkan kepedulian dalam menegakkan syariat Islam dengan tidak melakukan kegiatan yang melanggar qanun-qanun syariat Islam serta menjaga jati diri warga Kota Banda Aceh yang Islami,” demikian seruannya.

Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh, Marwan, mengatakan, perayaan tahun baru tidak sesuai dengan adat istiadat masyarakat Aceh dan bertentangan dengan syariat Islam.

“Kami meminta warga untuk mematuhi seruan ini,” kata Marwan kepada wartawan, Selasa 22 Desember 2015.

Sumber: Detikom

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: