Mempromosikan Islam Damai dalam Pameran Pendidikan

Rabu, 22 November 2017
ISLAMNUSANTARA.COM, Tangerang Selatan – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menyelenggarakan acara Pameran Pendidikan Islam Internasional di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang Selatan, Banten, dari 21 hingga 24 November.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Kamaruddin Amin menyebutkan, Indonesia memiliki karakteristik tersendiri, berbeda dengan negara-negara lainnya, karena Islam di Indonesia berkembang di sebuah negara yang sangat majemuk baik budaya, etnik, tradisi, dan agama.

Menurut dia, pendidikan Islam Indonesia banyak melahirkan ulama yang toleran. Mereka menghargai perbedaan dan perubahan.

“Tidak seperti di Arab Saudi misalnya, dimana Institusi pendidikan Islam melahirkan ulama yang konservatif,” kata Kamaruddin seperti dikutip thejakartapost, Selasa (21/11).

Kamaruddin menerangkan, sebagian besar umat Islam di Indonesia adalah moderat, cinta damai, dan memiliki semangat toleransi yang tinggi serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

“Kita (Muslim Indonesia) menghargai nilai-nilai kesetaraan gender, satu dari isu yang menjadi perhatian masyarakat Barat,” jelasnya.

Pameran akan diikuti oleh dua ratus peserta yang terdiri dari institusi dan partner baik dari dalam maupun luar negeri. Pameran ini bertujuan untuk mempromosikan pendidikan Islam di Indonesia kepada masyarakat internasional bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi destinasi pendidikan Islam dan pusat peradaban Islam.

Kamaruddin menjelaskan, acara pameran ini juga diharapkan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat Indonesia dan internasional bahwa nilai-nilai Islam Indonesia sejalan dengan perubahan, modernitas, kemajuan, dan demokrasi. (ISNU)

Sumber: NU Online

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: