Mengingat Jasa Mbah Wahab Gagalkan Pembongkaran Makam Nabi

Selasa, 27 September 2016

ISLAMNUSANTARA.COM, Jombang – Syaifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Gubernur Jawa Timur menilai, perjuangan KH Wahab Chasbullah masih bisa dinikmati umat Islam hingga saat ini. Salah satu jasa Mbah Wahab adalah aksi nyatanya dalam menggagalkan rencana pembongkaran makam Rasulullah oleh kerajaan Arab Saudi waktu itu. (baca: Prof Yudian: Ikut Gerakan Menentang Negara Berarti Ciderai Jasa Pengorbanan Leluhur NU)

“Dengan komite Hijaznya Mbah Wahab berangkat melakukan lobi-lobi pada kerajaan Arab untuk tidak membongkar makam Rasul. Dan akhirnya sampai sekarang makam itu masih ada tidak dibongkar,” beber pria yang akrab disapa Gus Ipul ini dalam acara puncak Haul ke-43 KH Wahab Chasbullah di Jombang, Sabtu (6/9).

Tak hanya itu, menurut Gus Ipul, upaya Saudi untuk mengekang kebebasan bermadzhab juga berhasil diurungkan Mbah Wahab yang merupakan pendiri Nahdlatul Ulama ini. Diperbolehkannya jamaah haji menjalankan ibadah sesuai madzhabnya, lanjutnya, juga tak lepas dari perjuangan Mbah Wahab. (Baca: PWNU Jatim Saksikan Muslim di Tiongkok Lakukan Tahlilan dan Ziarah Kubur)

Pada kesempatan tersebut, mantan Ketua Umum PP GP Ansor ini juga meminta umat Islam bisa meneladani perjuangan KH Wahab Chasbullah dalam memperjuangkan agama dan bangsa. Baginya, KH Wahab telah mengajarkan berjuang untuk membela tanah airnya sendiri daripada pergi berjihad ke negara lain.

“Seharusnya umat Islam mau meneladani apa yang telah dilakukan oleh Mbah Wahab. Kalau kita mau meneladani beliau, maka umat Islam khususnya Indonesia tidak perlu berjuang ke Iraq atau syiria,” ujarnya menyinggung mereka yang mengikuti ISIS (Islamic State of Iraq and Syiria) untuk berjihad di Irak dan Syiria.

Gus Ipul yang juga salah satu ketua PBNU ini menambahkan, sosok KH Wahab Chasbullah merupakan pejuang sejati. Mbah Wahab tidak hanya berjuang di belakang meja tetapi juga ikut turun  langsung memimpin perlawanan terhadap penjajahan bangsa Indonesia. (ISNU)

Sumber: NU Online

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: