Menpora Imam Nahrawi Buka Kejurnas dan Festival Pencak Silat Pagar Nusa di TMII

Senin, 22 Agustus 2016,

ISLAMNUSANTARA.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) II dan Festival Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa di Padepokan Pencak Silat Indonesia TMII, Jakarta, Minggu (21/8) sore.

Pembukaan Kejurnas II dan Festival Pencak Silat NU Pagar Nusa dimeriahkan oleh penampilan Gebyar Bendera yang dibawakan oleh pendekar-pendekar dari Pagar Nusa Jawa Timur.

Ada juga atraksi dan peragaan berbagai jurus Pencak Silat dan kanuragan dari Padepokan Jawa Timur dan Padepokan Sapu Jagad Pagar Nusa DKI Jakarta, Lampung dan Palembang.

Memulai sambutannya, Imam Nahrawi menyampaikan Kejurnas dan Festival ini tidak hanya semata-mata pertandingan yang sifatnya musiman, tapi harus dimaknai sebagai pembinaan yang berkelanjutan, semoga dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi yang berdiri secara sportif, bertanding secara sportif dan dapat mengharumkan nama Indonesia di tingkat Internasional.

“Dengan kalian hari ini berdiri dengan kokoh dan tegak, ini pertanda bahwa kita telah siap mengibarkan bendera Merah Putih dan mengharumkan nama Indonesia pada kejuaraan Internasional, ” ujar Imam.

“Insyaallah pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Pencak Silat akan secara resmi dipertandingkan, kita berharap dan mendorong agar pada tahun 2020 nanti, cabang olahraga pencak silat bisa dipertandingkan di Olimpiade Tokyo, ” tambahnya.

Pemerintah, lanjut Menpora, tidak pernah bosan mempromosikan olahraga asli Indonesia ini ketika ada kunjungan ke luar negeri. Seperti kunjungan saya ke Suriname beberapa waktu yang lalu saya membawa pelatih pencak silat dan pelatih bulu tangkis.

“Saya mengajak saudara-saudara melalui media sosial untuk dapat mempromosikan bahwa pencak silat lahir di Indonesia, diikarenakan pada saat ini ada negara lain yang mengakui bahwa pencak silat lahir dari negara mereka, dan ketika bertanding nanti saya harap anda semua dapat bertanding secara sportif dan baik, kita yakin dan percaya kepada penilaian wasit”, tutup Imam. Sekjen PP Pagar Nusa Muhammad Nabil Harun mengatakan Kejurnas dan Festival diikuti oleh 16 Pimpinan Wilayah Pagar Nusa NU.

Nabil menjelaskan, Pagar Nusa merupakan pergerakan, berhimpun dalam Pagar Nusa bukan berdiam diri, tapi berhimpun untuk berkhidmah kepada ulama dan bangsa dan negara.

“Kami berharap kejuaraan dan festival ini tidak hanya mencetak atlet berprestasi tapi kami juga berharap keluarga Pagar Nusa bisa mengambil peran dalam memajukan dan memakmurkan bangsa ini, ” ujar Nabil.

Pada acara ini, Pimpinan Pusat Pencak Silat NU Pagar Nusa juga memberikan anggota kehormatan  Pencak Silat NU Pagar Nusa kepada Menpora Imam Nahrawi.

Hadir dalam acara ini Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Eko Darwanto, Dewan Penasehat Pagar Nusa Aizzudin Abdurrahman, Sekjen PB IPSI Efrizal Chaniago, Plt. Ketua Umum Pagar Nusa Adengan Mimih Haeruman, Sekjen DPP PKB Abdul Kadir Kading, dan Sesepuh IPSI Edy Nalapraya. (ISNU/JPNN)

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: