Ormas-ormas Islam Perkuat Organisasi dalam Rakernas LPOI

Selasa, 16 Mei 2017

ISLAMNUSANTARA.COM,  Cimahi – Rapat Kerja Nasional Pertama Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) diselenggarakan di Kampus II Cipageran, Cimahi Utara, Jawa Barat. Rakernas berlangsung selama dua hari, Senin dan Selasa tanggal 15 dan 16 Mei.

KH Said Aqil Siroj sebagai Ketua Umum LPOI mengatakan, di dalam Rakernas tersebut ada beberapa agenda yang akan didiskusikan seperti merancang beberapa program kerja, penguatan organisasi, dan mengembangkan kemandirian organisasi.

“Ada beberapa yang kita rapatkan antara lain program ke depan, organisasi diperkuat, dan yang paling penting lagi pendanaan,” kata Kiai Said usai membuka acara di Cimahi, Senin (15/5).

Kiai yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PBNU itu menambahkan, warga ormas yang terutama berada di bawah yang tergabung dalam LPOI belum masuk menjadi warga LPOI secara langsung. “Ini masih di tataran atas, belum ke bawah. Warganya (ormas yang tergabung LPOI) belum menjadi warganya LPOI,” ucapnya.

Kiai Said mengungkapkan, selama ini LPOI sudah melaksanakan beberapa agenda dan kontribusinya untuk Indonesia seperti demo antinarkoba, pelatihan bela negara, anti radikalisme dan separatisme.

“Banyak, seperti jihad antinarkoba, berlayar bela negara,” ungkapnya.

Menurut dia, ada dua hal yang diperjuangkan LPOI, yaitu agama Islam yang rahmatan lil alamin dan nasionalisme. “Ada dua prinsip yang kita perjuangkan, agama yang membawa rahmat dan yang kedua nasionalisme,” tutup Kiai Said.

Ada empat belas anggota LPOI, yaitu Nahdlatul Ulama (NU), Syarikat Islam Indonesia (SII), Persatuan Islam (PERSIS), Al Irsyad Al Islamiyyah, Mathlaul Anwar, Al-Ittihadiyah, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Ikatan DAI Indonesia (IKADI), Azzikra, Al-Washliyah, Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI), Persatuan Umat Islam (PUI), Himpunan Bina Mualaf.

Turut hadir dalam acara tersebut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan pimpinan-pimpinan ormas yang tergabung dalam LPOI.  (ISNU)

Sumber: NU Online

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: