PBNU Tetapkan 1 Syawal 1437 H Pada Hari Rabu 06 Juli 2016

Selasa, 05 Juli 2016,

JAKARTA, ISLAMNUSANTARA.COM – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak umat Islam di Indonesia untuk tetap melangsungkan ibadah puasa Ramadhan 1437 H pada Selasa 5 Juli 2016. Pengurus harian PBNU berdasarkan laporan rukyat Lembaga Falakiyah PBNU menetapkan satu Syawal 1437 H jatuh pada Rabu 6 Juli 2016.

“Kepada warga NU dan umat Islam pada umumnya, kami mengimbau untuk menyempurnakan ibadah puasa 30 hari dan berhari raya pada Rabu 6 Juli 2016,” kata Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (4/7) petang.

Putusan ini didasarkan pada pelaksanaan rukyatul hilal bil fi‘li tim falakiyah NU di sejumlah lokasi rukyat yang telah ditentukan. Hasilnya tim dari Lembaga Falakiyah PBNU tidak berhasil melihat hilal. Dengan demikian umur bulan Ramadhan 1437 H adalah 30 hari (istikmal).

“Kami mengucapkan selamat merayakan hari Idhul Fithri satu Syawal 1437 H dengan penuh suka cita. Mohon maaf lahir dan batin,” kata Kang Said didampingi Sekjen PBNU H Helmy Faisal Zaini dan Bendahara Umum PBNU H Bina Suhendra.

Ia berdoa agara ibadah puasa umat Islam dan amal ibadah lainnya selama Ramadhan diterima Allah SWT. “Semoga ibadah selama Ramadhan dapat diamalkan pada bulan di luar Ramadhan,” tandas Kang Said. (ISNU)

Sumber: Nu.or.id

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: