PCNU Banyumas Minta Warga NU Baca Sejarah Perjalanan NKRI

Jum’at, 10 Maret 2017

ISLAMNUSANTARA.COM, Banyumas – Warga NU harus melihat sejarah perjalanan panjang NKRI yang tak lepas dari peran NU. Komitmen NU untuk menjaga Islam Ahlissunah wal Jama’ah di Indonesia telah berlangsung sejak dulu dan itu harus dijaga oleh semua elemen masyarakat nahdiyin.

Demikian disampaikan Ketua PCNU Banyumas KH Maulana Ahmad Hasan (Gus Hasan) pada sambutan pelantikan GP Ansor Banyumas Rabu (7/3) malam.

”Sebelum merdeka, Tahun 1934 KH Wahab Chasbullah ulama NU yang alim dan penuh dengan keilmuan telah berjuang untuk Indonesia. Kiai Wahab mengarang lagu Yalal Wathan dan menyatakan Indonesia negeriku,” kata Gus Hasan.

Ia melanjutkan, saat situasi genting pascakemerdekaan KH Hasyim  Asy’ari mengeluarkan fatwa Resolusi Jihad untuk menjaga NKRI 22 Oktober-10 November 1945.

“Jadi kalau yang lain baru teriak-teriak takbir, NU sudah berkali-kali menjaga NKRI dari dulu hingga sekarang. Saat terjadi gejolak 65, NU dengan  Bansernya juga berjuang mempertahankan NKRI,” lanjutnya.

Menurut Gus Hasan, hanya dengan melihat sejarah yang inilah, terbukti bahwa NU adalah bagian dari pendiri NKRI. Makanya jika ada orang atau golongan tertentu yang mau mengusik NKRI, mau mengganti NKRI dengan paham lain, maka ia akan berhadapan dengan NU.

”Makanya bagi warga nahdiyin dan bangsa Indonesia umumnya, jangan mau dipecah belah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Pertahankan NKRI sampai mati dengan memperkuat ajaran-ajaran para ulama dan kyai, serta patuhi aturan pemerintah,” tegasnya. (ISNU)

Sumber: NU Online

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: