Perkuat Hadapi Radikalisme, Terorisme dan Narkoba, Ansor Sidoarjo Lantik 40 BAANAR

Minggu, 30 Juli 2017

ISLAMNUSANTARA.COM, Sidoarjo – Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sidoarjo melantik dan mengambil sumpah Sekitar 40 kader terbaik untuk menjadi pengurus Badan Ansor Anti Narkoba (BAANAR) Kab. Sidoarjo, Jumat (28/07/2017)..

“Selain radikalisme dan terorisme, penyalahgunaan dan peredaran narkoba merupakan musuh utama. Apalagi, kita dikejutkan dengan penangkapan 1 ton selundupan sabu, juga  temuan 300 kg ganja, maka dari itu musuh kita memang nyata yakni peredaran gelap narkoba,” kata Riza Ali Faizin, Ketua PC GP Ansor Sidoarjo.

Apalagi, lanjut ia, secara khusus Bupati Sidoarjo menyampaikan bahwa angka pengguna narkoba di Sidoarjo sangat tinggi,  berada di urutan nomor dua Jawa Timur. Artinya, butuh peran dan partisipasi masyarakat untuk menanggulanginya, termasuk di antaranya sebagaimana yang dilakukan PC GP Ansor Sidoarjo membentuk badan khusus guna memerangi narkoba karena fakta di lapangan begitu buruknya pecandu narkoba yang tidak hanya kehilangan masa depan tapi juga nyawa.

Demikian juga menurut  Kepala Baanar Nasional, Idi Muzayyad, bahwa dasar didirikannya gerakan secara spesifik ini tujuannya untuk membantu pemerintah dalam Program Pencegahan, Panyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Sebagai Organisasi kepemudaan, dengan basis massa terbesar di negeri ini, setidaknya kita wajib ambil bagian dalam program  inti pemerintah termasuk di dalamnya memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap obat-obatan terlarang,” tuturnya.

Ia menyatakan apresiasinya kepada PC GP Ansor Sidoarjo terkait kegiatan tersebut. Sebab, selain dihadiri seluruh elemen GP Ansor dan NU, juga bupati dan wakilnya, serta ketua  dewan setempat juga Forkopimda seperti Dandim dan Kapolresta. “Ini merupakan acara yang cukup jarang ditemui di daerah-daerah lain,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga ditandatangani MoU atau nota kesepakatan antara PC GP Ansor Sidoarjo dan Ketua BNN Kabupaten Sidoarjo, AKBP Supriyanto.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Saiful Ilah menuturkan, bahwa kejahatan narkoba saat ini sungguh sangat memprihatinkan. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berupaya mencegah dan memberantas penyalagunaan dan peredaran gelap Narkoba.

Sampai bulan Juli tahun 2017 ini, ada 350 orang yang tersandung kasus narkoba di Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan pemakai narkoba yang mendapatkan rehabilitasi sebanyak 79 orang. “Ya bisa jadi darurat narkoba, sebab di Sidoarjo nomor dua di Jatim, setelah kota Surabaya,” katanya.

Penyalagunaan dan peredaran narkoba mengancam masa depan bangsa. Semua pihak diharapkan  memerangi bahaya narkoba. Ia juga meminta kepada masyarakat untuk mencari solusi bagi korban penyalagunaan narkoba. Pemkab Sidoarjo berupaya merealisasikan sarana lembaga rahabilitasi medis dan instansi penerima wajib lapor.

Lembaga tersebut sebagai tempat pelayanan medis dan sosial korban penyalagunaan narkoba dengan menunjuk Klinik Cendekia Husada sebagai tempat rehabilitasi bagi pencandu narkoba. Sedangkan Yayasan Ekuitas Setara sebagai tempat rehabilitasi sosial korban narkoba.

Ia juga berpesan ke seluruh anggota BAANAR untuk dapat menjadi pelapor dan penggerak antinarkoba. Terpenting segera mensosialisasikan dampak bahaya penyalagunaan Narkoba kepada masyarakat.

“Mari kita berjuang bersama-sama, bekerja dengan sekuat tenaga untuk mewujudkan program nasional rehabilitasi 100 ribu pecandu narkoba khususnya di Propinsi Jawa Timur yang akan merehabilitasi 10 ribu pecandu Narkoba,” ajaknya.

Kepala BNN Kabupaten Sidoarjo, AKBP Supriyanto mengatakan keberadaan BAANAR Sidoarjo sangat membantu tugasnya dalam mencegah bahaya penyalagunaan narkoba. Peredaraan gelap narkoba saat ini sangat memprihatinkan. Banyak kasus narkoba yang terungkap. 70% penghuni Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Sidoarjo adalah mayoritas kasus Narkoba. Untuk itu ia berharap nantinya BAANAR Sidoarjo dapat berjalan bersama dengan BNN Kabupaten Sidoarjo untuk memberantas peredaran gelap narkoba di Sidoarjo. (ISNU)

Sumber: Duta.co

 

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: