Perkuat Pemberantasan Terorisme, BNPT Indonesia Jalin Kerjasama dengan Turki

Sabtu, 18 November 2017

ISLAMNUSANTARA.COM, Jakarta – Saat ini, sinergitas internasional yang kuat sangat dibutuhkan  untuk mencegah dan menanggulangi terorisme yang merupakan musuh global. Oleh sebab itu, mempererat hubungan antar negara kian menjadi kebutuhan dalam menghadapi terorisme.

Terkait hal tersebut, Kepala BNPT Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H., bersama dengan Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT, Irjen Pol. Drs. Hamidin, Direktur Kerjasama Bilateral  Internasional, Brigjen. Pol. Drs. Budiono Sandi, dan Direktur Perangkat Hukum Internasional, Brigjen (Mar) TNI Yuniar Ludfi, menyambut baik kedatangan para delegasi Turki di Jakarta Pusat pada Kamis (16/11/2017) siang.

Menindaklanjuti kunjungan Kepala BNPT ke Turki pada Mei lalu, kunjungan Turki pada kesempatan ini membahas tentang perkembangan upaya-upaya penanggulangan terorisme serta kerja sama antar kedua belah negara di masa mendatang.

“Ini pertemuan follow up yang kita kembangkan supaya kita bisa lebih cepat lagi menangani penanggulangan terorisme. Ini adalah masalah yang sangat aktual yang harus cepat ditanggapi,” ujar Kepala BNPT.

Selain itu, Suhardi Alius menegaskan dalam pertemuan ini membahas perkembangan kerja sama BNPT terkait upaya penanggulangan terorisme.

“Pertemuan ini terkait dengan masalah terorisme seperti masalah deportan dan bagaimana mengatasi mereka yang kembali dari daerah konflik. Isu ini sangat penting mengingat Turki dan Suriah merupakan negara yang berbatasan langsung,” tegasnya.

Pertemuan ini dilanjutkan dengan diskusi antara pejabat BNPT bersama para delegasi Turki yang dipimpin oleh Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT, Irjen Pol. Drs. Hamidin. Hamidin menuturkan hasil dari pertemuan ini adalah saling bertukar informasi tentang perkembangan terorisme internasional, khususnya terkait Foreign Terroism Fighter (FTF).

“Banyak sekali kelompok radikal dan teroris yang menggunakan Turki sebagai pintu masuk dan keluar, terutama oleh FTF. Untuk itu perlu dijalin kerja sama dalam bertukar informasi jika ada FTF dari negara kita,” ucap Hamidin.

Pertemuan bersama delegasi Turki diharapkan dapat memberikan manfaat untuk Indonesia dalam bertukar informasi untuk mengatasi permasalahan terkait terorisme dan radikalisme. (ISNU)

Sumber: BNPT.GO.ID

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: