Prioritas Utama Program Madrasah; Kembangkan Kurikulum Islam Moderat

Senin, 26 Maret 2018
ISLAMNUSANTARA.COM, Jakarta – Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI M. Isom Yusqi mengatakan bahwa menciptakan generasi muda yang cerdas secara intelektual, kuat dalam paham keagamaan sekaligus mencintai negaranya merupakan bagian dari pengembangan kurikulum Islam moderat di madrasah.

Isom menjelaskan, pengembangan kurikulum Islam moderat ini merupakan salah satu program prioritas madrasah. Program ini sesuai dengan tantangan keagamaan sekaligus tantangan kebangsaan dan kenegaraan saat ini.

“Harapan para orang tua, anaknya tidak hanya pintar, tetapi juga mempunyai karakter dan akhlak yang baik dengan sekolah di madrasah,” ujarnya Jumat (23/3) di Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Jakarta..

Menurut Isom, moderatisme Islam di lembaga pendidikan Islam secara umum sudah terbangun sejak lama. Namun, untuk memperkuat kembali, pengembangan kurikulum tersebut harus disesuaikan dengan kondisi zaman.

“Dengan perkembangan Islam moderat di tubuh pendidikan Islam, pemerintah Filipina melirik dan ingin bekerja sama. Kami sudah menindaklanjuti dengan menggandeng Kemenlu,” jelas Isom.

Kemenag menerangkan, saat ini pendidikan Islam tidak lagi menjadi pilihan kedua bagi calon peserta didik. Karena di madrasah dan pondok pesantren sudah mengintegrasikan berbagai disiplin kelimuan dan sains.(ISNU)
Sumber: NU Online

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: