Prof Quraish Shihab: Surga Tidak Perlu Dimonopoli

Selasa, 25 September 2018

ISLAMNUSANTARA.COM, Jakarta – Keragaman di muka bumi ini merupakan keniscayaan. Allah Swt menciptakan makhluk-makhlukNya tidak dengan satu warna, melainkan dengan bermacam-macam warna. Keragaman itu meliputi perbedaan bahasa, budaya, tradisi, ras, agama dan masih banyak lagi perbedaan-perbedaan lain yang bisa ditemui di muka bumi ini. Oleh karena itu, tidak ada yang bisa mengkalim bahwa hanya kelompoknya lah yang memiliki jaminan kebenaran.

Dalam konteks keyakinan, Prof Dr Quraish Shihab mengingatkan, hendaknya masing-masing kelompok memiliki sikap toleransi, yaitu sikap menghormati keyakinan kelompok lain yang berbeda. Hendaknya masyarakat juga tidak merasa kelompoknya sendiri yang paling benar. Apalagi mengklaim hanya kelompoknya yang berhak atas surga dan kelompok yang lain tidak.

Sikap semacam itu tidak dibenarkan dalam ajaran Islam, karena Islam mengajarkan sikap toleran dan saling menghargai keberagaman pendapat di antara umat Islam. “Kita bersaudara, tidak perlu saling tegang. Surga itu terlalu luas, sehingga tidak perlu memonopoli surga hanya untuk diri sendiri,” ujar Quraish Shihab dalam ceramahnya di Chanel Youtube Shihab dan Shihab. (ISNU)

Sumber: IslamRamah

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: