Santri dan Pelajar Kota Depok Deklarasikan Siap Jaga Perdamaian

Minggu, 09 September 2018

ISLAMNUSANTARA.COM, Depok – Ratusan santri yang diprakarsai Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama atau Pergunu Kota Depok, Jawa Barat berkumpul di gedung LIA Jalan Margonda 200. Kegiatan dalam rangka mengenalkan keberadaan perkumpulan para guru tersebut kepada santri dan pelajar. Juga berkomitmen menjaga suasana damai dan aman.

Acep Pudoli menyatakan bahwa pada acara ini sengaja mengundang guru, santri dan pelajar. “Ini demi mengenalkan Pergunu di Kota Depok dan membentengi mereka dari berbagai pemikiran intoleran dan terorisme,” kata Ketua PC Pergunu Kota Depok ini, Sabtu (8/9)

Dalam pandangannya, para pelajar dan santri harus diajak secara bersama dalam mengawal perdamaian. “Kita undang mereka dalam acara ini demi membentengi diri dan pengetahuan santri se-Kota Depok bergerak dalam perdamaian,” ucap Kang Pudoli, sapaan akrabnya.

Pada kesempatan tersebut hadir beberapa tokoh perdamaian dan pegiat pendidikan, seperti Ketua Gerakan Santri Nulis, Kiai Saiful Falah, Subhi Ibrahim, Khoirul Anam dari Wahid Institute dan Hanifah Haris dari AMAN Indonesia.

Kiai Saiful memberikan arahan agar santri giat menyampaikan perdamaian dengan menulis dan aktif di media sosial atau Medsos.

“Kita harus bergerak di berbagai ranah dan medan, termasuk menulis dengan akhlak dan menjaga tradisi demi perdamai khususnya di Medsos,” kata kiai yang juga aktif sebagai pimpinan Institute Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang Bogor tersebut.

Pada deklarasi damai tersebut disepakati untuk bersatu menjaga suasana. “Yakni dengan mengikuti arahan alim ulama NU, serta tidak menyebarkan info hoaks dan fitnah,” tandasnya. (ISNU)

Sumber: NU Online

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: