Seribu Wajah Gus Dur dalam Haul ke-7 di Klaten

Minggu, 12 Februari 2017

ISLAMNUSANTARA.COM, Klaten – Komunitas Gusdurian Klaten bersama FKUB Kebersamaan dan komunitas multikultur menggelar haul Gus Dur ke-7 di Alun-alun Kota Klaten, Jawa Tengah, Jumat (10/2). Dalam acara tersebut terdapat kegiatan Cap Go Meh dan doa bersama.

Para peserta yang berjumlah ribuan orang itu, sebagian memakai topeng wajah KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Topeng wajah tersebut sengaja dipakai sebagai pertanda kerinduan mereka akan sosok Gus Dur sebagai bapak bangsa.

“Pembagian seribu topeng Gus Dur sebagai wujud untuk menghadirkan sosok Gus Dur. Presiden keempat Republik Indonesia ini, yang mengajarkan nilai-nilai kehidupan,” terang Koordinator Jaringan Gusdurian Klaten.

Ditambahkan Ketua PC GP Ansor Klaten itu, salah satu nilai kehidupan yang patut dijadikan teladan, yakni kesederhanaan Gus Dur. “Tidak hanya itu, Gus Dur juga Lebih mengutamakan kepentingan umat dan tak memperkaya diri sendiri maupun golongan,” tuturnya.

Dipaparkan Marzuki, dalam acara ini ditampilkan aksi seni budaya asli warga Klaten yang diawali dengan pentas budaya yang mengangkat tokoh Nyai Melati. Selain itu, juga ditampilkan pentas barongsai berbaur dengan tradisi locak dan ogoh-ogoh. (ISNU)

Sumber: NU Online

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: