Temui Menag, Sekjen Amnesti Internasional Pertanyakan Kasus Keagamaan di Indonesia

Kamis, 23 Maret 2017

ISLAMNUSANTARA.COM, Jakarta – Sekjen Amnesti Internasional Salil Shetty,dan didampingi perwakilan Amnesti Internasional lainnya, Usman Hamid, mengunjungai Kementerian Agama Indonesia di Jakarta, Rabu (22/03). Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin.

“Kunjungan ini ingin mendengarkan perkembangan bagaimana Indonesia menangani persoalan hak asasi manusia di bidang kehidupan keagamaan dan kehidupan sosial politik secara umum,” terang Menag usai pertemuan.

Dalam pertemuan singkat itu, Menag mengaku berdiskusi tentang perkembangan hubungan antara kehidupan keagamaan dan politik kekinian, serta bagaimana Indonesia sebagai warga dunia menyikapi persoalan yang dihadapinya.

“Kehadiran Sekjen Amnesti Internasional ini tidak hanya menunjukan kepedulain terhadap Indonesia, tapi juga memberikan masukan dan rekomendasi bagaimana sebaiknya Indonesia menyikapi persoalan terkait HAM, kehidupan keagaman, dan sosial pada umumnya,” tuturnya.

“Kami mengharapkan masukan dari Amnesti Internasional berdasarkan pengalamannya menangani persoalan (HAM) di negara lain,” tambahnya.

Salil Shetty mengaku senang bertemu dengan Menag untuk merayakan kekuatan Indonesia sebagai negara di mana banyak kelompok beragama bisa menikmati kebebasan beragama. Namun demikian, Salil juga meliha ada tantangan di Indonesia terkait kasus Ahmadiyah dan Syiah.

“Ini bukan tantangan yang mudah untuk disikapi tapi terlihat menag sangat berkomitmen untuk menyelesaikannya dan berusaha keras untuk mencari solusi,” ujarnya.

Usman Hami menambahkan Amnesti Internasional adalah organisasi gerakan dunia yang (anggotanya) terdiri dari 7 juta orang, bebas dari kepentingan politik apapun. Organisasi ini menurutnya lebih konsern pada upaya memberikan perlindungan kepada siapa saja dalam mengeskpresikan pandangan dan pendapatnya, di mana negara juga memiliki kewajiban bahwa perlindungan terkait itu terjaga. (ISNU)

Sumber: Kemenag

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: