Usung Islam Nusantara, PBNU Helat Pertemuan Tokoh Islam Moderat Dunia

Senin, 02 April 2016,

JAKARTA, ISLAMNUSANTARA.COM – Sedikitnya ada  45 negara yang akan menghadiri “International Summit of The Moderate Islamic Leader” (ISOMIL) di Jakarta pada 9-11 Mei 2016.

“Alhamdulillah sudah ada kabar dari 45 negara yang mengonfirmasikan kehadirannya,” kata salah seorang penggagas ISOMIL, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Maksum Machfoedz, di Jakarta, Sabtu (30/4). (Baca juga: Nadirsyah Hosen: Metode Islam Nusantara Bisa Disebarkan Secara Global)

ISOMILIa menjelaskan bahwa ISOMIL adalah tindak lanjut dari Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Jakarta beberapa waktu lalu. “Kalau OKI itu para kepala negara atau kepala pemerintahan, sedangkan ISOMIL wadah pertemuan para pemimpin atau tokoh Islam moderat,” ujar Maksum.

Bahkan sejumlah utusan dari Maroko mengaku sudah tidak sabar ingin menghadiri acara itu. “Mereka ingin mendengar ceramah tentang Islam Nusantara sekaligus melihat implementasinya di Indonesia,” kata guru besar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada itu.

ISOMIL akan dibuka Presiden Joko Widodo di Jakarta Convention Center, Senayan, Senin (9/5), dan ditutup oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di tempat yang sama keesokan harinya. (Baca juga: Islam Nusantara Network, PBNU dan Habaib Serukan Persatuan dan Islam Damai)

Kegiatan yang ditujukan sebagai bagian dari ikhtiar untuk mengatasi ancaman terorisme dan radikalisme itu akan menghadirkan sejumlah pembicara seperti Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj, Rais Aam PBNU Maruf Amin, Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan, Menlu Retno L.P. Marsudi, Kepala BIN Sutiyoso, dan Ketua OJK Muliaman Hadad.

Juga ada Direktur Pusat Riset Asimetris dan Kajian Ancaman Universitas Pertahanan Nasional Swedia Dr Magnus Ranstrop, Pakar ISIS dari Universitas Wina Australia Dr Nico Prucha, mantan Grand Mufti Al Azhar Dr Syeikh Ali Gomaa, dan Presiden Liga Muhammadiyah Ulama Maroko Syeikh Ahmad Abbadi. (ISNU/MediaIndonesia)

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: