Yenny Wahid: Apapun Pilihan Politik Kita, Jangan Gunakan Hoaks

Senin, 08 Oktober 2018

ISLAMNUSANTARA.COM, Jakarta – Putri Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid, memandang hoax bisa menghancurkan bangsa. Menurutnya, kabar bohong juga bisa menimbulkan kekecewaan di tengah-tengah masyarakat.

“Hoax itu punya potensi untuk menghancurkan sebuah bangsa seperti kita lihat di banyak negara. Karena hoax kemudian timbul konflik timbul kekecewaan di masyarakat,” kata Yenny di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/10/2018).

Yenny menganggap hoax di tengah perbedaan politik seharusnya tidak boleh terjadi. Yenny mengatakan, hoax bisa menyulut kemarahan yang dampaknya bisa membakar rumah sendiri alias bangsa Indonesia.

“Apapun pilihan politik kita jangan bakar rumah kita sendiri. Boleh kita beda pendapat, tapi harus tetap baik, jangan menggunakan hoax yang bisa menyulut emosi dan kemarahan dan pada akhirnya membakar rumah kita sendiri,” paparnya.

Wanita yang kini non-aktif di Yayasan Wahid Institute itu mengajak masyarakat untuk mengambil pelajaran dari negara-negara yang pecah belah karena hoax. Dia bilang, jangan sampai Indonesia ‘hancur’ karena termakan kabar bohong.

“Saya rasa kita perlu belajar dari kasus di negara-negara tersebut sehingga tidak terjadi di Indonesia. Kesatuan dan keutuhan bangsa harus terus kita jaga,” tegas Yenny. (ISNU)

Sumber: Muslimoderat

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: